Header Ads

24 October 2012

Masa Orientasi Study Kampus

 (Moska)

Moska (Masa Orientasi Studi  Kampus), MOS(Masa Orientasi Siswa), OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru), atau apapun istilah untuk masa perkenalan terhadap mahasiswa baru ketika hendak melanjutkan studi di bangku perkuliahan. Tetapi, semua itu merupakan suatu bentuk kagiatan yang tetap mengacu pada orientasi ataupun perkenalan terhadap dunia kampus yang
akan menjadi tempat menuntut ilmunya. Dan dengan moska tersebut adalah langkah awal untuk menjalin tali persaudaraan antara Maba dengan senior-seniornya ditingkat fakultasnya masing-masing.

Moska bukanlah sesuatu kegiatan yang merugikan, bukan pula sesuatu yang harus ditinggalkan. Tujun awal Moska memanglah baik, tapi terkadang disegi  pelaksanaannya saja yang masih membutuhkan perbaikan oleh berbgai pihak. Perbaikan itu bisa meliputi diantaranya, Pertama, baik itu pihak universitas, mahasiswa senior maupun mahasiswa baru harus mengatahui tentang hakikat moska diselenggarakan. Kedua, harus ada pengawasan yang ketat yang dilakukan oleh pihak univeritas, baik itu pengawasan dalam perancangan struktur kepanitiaan agar nantinya panitia yang terpilih merupakan orang-orang yang berkompeten, pengawasan dalam pelaksanaanya di lapangan, hingga pengawasan sampai tahap evaluasi agar pihak universitas pun mengetahui terhadap segala tujuan yang telah dicapai. Ketiga, paradigma terhadap ospek sebagai ajang balas dendam perlu dihilangkan, hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan diadakannya seminar ataupun diskusi yang diprogramkan oleh  pihak univeristas kepada mahasiswa senior, khususnya terhadap para mahasiswa yang akan menjadi panitia ospek. Keempat, kegiatan Moska setidaknya harus diisi olah kegiatan yang bermanfaaat, tidak hanya menghabiskan tenga fisik dan mental saja.

Foto Kegiatan Moska












Sumber: Dokumentasi acara Perkenalan Ormawa di Universitas Almuslim - Aceh